Kamis, 19 September 2013

Tokoh Kreatif : Eka Gustiwana, seorang Speech Composer


Eka Gustiwana adalah seorang penuls lagu, produser rekaman, dan seorang speech composer pertama di Indonesia. Eka terkenal karena "speech composing" yang dibuatnya, di mana rekaman ucapan atau perkataan seseorang diubah menjadi sebuah komposisi musik.

Kreativitas dengan Pendekatan 4P

Person
Seorang Eka Gustiwana memiliki minat yang besar terhadap musik. Dia sangat kreatif dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Eka juga tidak terlalu menghiraukan kritik dari masyarakat terhadap karyanya. Yang penting, dia bisa mengekspresikan ide dan kreasinya menjadi sebuah karya yang kreatif dan unik.


Press
Dari segi internal, jelas sudah Eka memiliki motivasi yang besar dalam dirinya terhadap musik. Minat Eka ini juga didukung ayahnya yang memperkenalkannya pada gitar dan digital audio workstation pada usia 11 tahun. Faktor eksternal lain yang mendukung Eka dalam bermusik adalah tersedianya alat-alat musik serta program / software musik yang dimilikinya. Eka juga memiliki studio musik sendiri. Penguasaan Eka terhadap alat musik sudah tidak diragukan lagi.



Process
Tidak mudah menghasilkan suatu karya yang unik. Pastilah Eka melewati proses tertentu. Awalnya, Eka melihat fenomena apa yang sedang terjadi di masyrakat. Kemudian, dari fenomena tersebut, muncullah ide mengenai percakapan atau kalimat apa dan bagaimana musik yang akan dibuat. Kalimat percakapan atau perkataan tersebut diubah dengan mengaransemen musik yang kemudian dipadukan dengan speech agar pas dengan musik tersebut. Kemudian hasil speech composing tersebut diunggah oleh Eka ke akun Youtube-nya dan dilihat oleh jutaan masyarakat Indonesia.


Product
Hasil karya Eka yang kreatif dan unik berupa video speech composing yang dapat lihat di akun Youtube Eka Gustiwana www.youtube.com/user/ekagputra

Berikut beberapa karya Eka Gustiwana dalam bentuk video Speech Composing :
Video Speech Composing "Demi Tuhan" - Arya Wiguna
Video Speech Composing "BBM Campuran" - Jeremy Teti
Video Speech Composing "Ngaca Dulu Deh " - Deddy Corbuzier
Video Speech Composing "29 My Age, yeaah" - Vicky Prasetya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar