Selasa, 10 September 2013

Resume 1 : Konsep Keberbakatan dan Kreativitas


Tujuan pendidikan pada umumnya untuk mengembangkan bakat dan kemampuan anak didik. Dulunya, orang beranggapan anak berbakat adalah anak yang memiliki IQ tinggi. Namun, sekarang disadari bahwa kreativitas dan motivasi untuk berprestasi turut menentukan keberbakatan seseorang. Inteligensi atau IQ semata-mata tidak dapat meramalkan kreativitas di kehidupan nyata.

Kendala dalam mengembangkan kreativitas seseorang terdapat pada anggapan bahwa kreativitas merupakan suatu sesuatu yang bersifat genetic. Kemampuan dan ciri kepribadian serta faktor lingkungan, seperti keluarga dan sekolah, dapat berfungsi sebagai pendorong dalam pengembangan kreativitas anak.

Mengembangkan kreativitas merupakan bagian integral dari banyak program untuk anak berbakat. Kebijakan tentang pelayanan pendidikan anak berbakat dan pengembangan kreativitas juga dinyatakan dalam UU Republik Indonesia dan GBHN.


Beberapa penelitian menunjukkan kreativitas berhubungan dengan aktualisasi diri. Kreativitas selain untuk pengembangan diri maupun untuk membangun masyarakat, juga merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, yaitu sebagai kebutuhan akan perwujudan diri. Kreativitas sangat dengan aspek 4P, yaitu Person, Process, Press, Product. 


 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar