Selasa, 17 September 2013

Resume 2 Kreativitas : Pendekatan 4P dalam Pengembangan Kreativitas

Pengembangan kreativitas sejak usia dini berguna agar kita dapat "survive" dan tidak tertinggal dari bangsa lain yang terus berkembang.


Manfaat mengembangkan kreativitas sejak usia dini :
  • Dapat mewujudkan / mengaktualisasikan diri yang merupakan kebutuhan pokok tertinggi manusia
  • Sebagai kemampuan dalam menyelesaikan masalah
  • Kreativitas tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan, tetapi juga memberikan kepuasan bagi diri individu
  • Kreativitas memungkinkan manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya.
Teori tentang Pembentukan Pribadi Kreatif
  1.  Teori Psikoanalisa, memandang kreativitas sebagai hasil dalam mengatasi suatu masalah. Seseorang yang kreatif dianggap pernah mengalami pengalaman traumatis di masa kanak-kanak yang kemudian menghasilkan gagasan-gagasan yang disadari atau tidak disadari bercampur menjadi pemecahan masalah yang inovatif. Meliputi : Teori Freud, Teori Kris, Teori Jung.
  2. Teori Humanistik, memandang kreativitas sebagai hasil dari kesehatan psikologis pada tingkat tertinggi. Kreativitas dapat berkembang selama hidup manusia. Meliputi : Teori Maslow, Teori Rogers.
Ciri pribadi yang kreatif biasanya selalu ingin tahu, memiliki minat yang luas, mandiri, memiliki rasa percaya diri, lebih berani mengambil risiko dan tidak takut membuat kesalahan dan mengemukakan pendapat. Pribadi yang kreatif biasanya teroganisir dalam tindakan.

Teori tentang Press
  • Motivasi untuk kreativitas
  • Kondisi eksternal yang mendorong perilaku kreatif
Teori tentang Proses
  1. Teori Wallas, proses kreatif meliputi persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi.
  2. Teori tentang belahan Otak Kanan dan Otak Kiri, beberapa penelitian menunjukkan bahwa otak kanan lebih berkaitan dengan fungsi-fungsi kreatif.
Teori tentang Produk Kreatif
Produk kreatif dapat digolongkan ke dalam 3 kategori, yaitu kebaruan, pemecahan, serta kerincian dan sintesis. Manfaat dari penentuan kriteria penilaian produk kreatif adalah dapat diketahui kelemahan dan kelebihan dari suatu produk.



Pendekatan 4P dapat dijadikan strategi untuk mengembangkan kreativitas. Dengan dimilikinya bakat dan ciri-ciri pribadi kreatif dan dengan dorongan internal maupun eksternal untuk bersibuk diri secara kreatif, maka produk-produk kreatif yang bermakna dengan sendirinya akan tercipta. 4P juga dapat digunakan sebagai dasar kerangka kerja konseptual dan strategi untuk penelitian tentang kreativitas di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar