Senin, 28 Oktober 2013

Testimoni Saya Mengenai Model UTS Online


Saya sangat tertarik sekali dengan model UTS kali ini. Inilah pertama kalinya saya melakukan ujian dalam bentuk online via e-mail. Jika dikaitkan dengan teori kreativitas, terutama dengan pendekatan 4P, ujian model online ini sangat menarik.

Di awali dengan 'person' yaitu saya sendiri, saya sangat tertarik dan bersemangat untuk mengikuti ujian online ini. Banyak keuntungan yang bisa saya peroleh dari model baru ujian ini. Saya bisa mengeksplorasi pengetahuan saya dengan lebih baik karena ujian sifatnya 'open book' dan saya bisa menjawabnya kapan saja asalkan tidak melebihi waktu yang telah disepakati.

Dari segi 'press', dorongan yang diberikan dalam bentuk kecemasan saya dalam menunggu soal selanjutnya. Rasa khawatir saya dalam menunggu e-mail balasan dari dosen membuat saya semakin semangat dalam menjawab soal dengan lebih baik lagi, karena dalam e-mail balasan tersebut juga berisikan 'feedback' terhadap jawaban saya.

Pada 'process', saya melakukannya sesuai dengan perkiraan waktu yang telah saya buat. Waktu yang diberikan selama 3 hari, saya menggunakan sehari dalam menjawab 1 soal. Dan itu sudah cukup lebih bagi saya di mana di sisi lain saya juga harus menunggu balasan e-mail dari dosen. Sebenarnya jika kita tidak menunda-nunda pengerjaan soal, bisa mengendalikan dan mengatur waktu dengan baik dan tepat, kita pasti bisa selesai mengerjakan seluruh soal dengan tepat waktu.

Kemudian, 'product' yang saya hasilkan berupa jawaban saya untuk setiap soal yang diberikan. Saya sudah berusaha menjawab dengan maksimal dan saya juga membaca buku setiap ingin membuat jawaban saya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar