Rabu, 23 Oktober 2013

Penilaian Kreativitas dalam Mengarang

Berikut karangan bebas saya selama 15 menit.

Tiga Keinginan

Jika saya diberi kesempatan, ada tiga keinginan yang ingin saya wujudkan. Yang pertama, jika saya diberi kemampuan akademik dan prestasi yang sangat luar biasa, saya akan melanjutkan pendidikan saya di luar negeri dan tentunya masih dalam bidang Psikologi. Jika disuruh memilih, mungkin saya akan memilih negara Australia karena saya sangat tertarik pada negara tersebut. Negara pilihan lain saya adalah Inggris. Saya ingin membuat kedua orang tua saya bangga kepada saya. Setelah menyelesaikan pendidikan, saya akan kembali ke Indonesia dan mudah-mudahan bisa membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Keinginan kedua adalah saya ingin keliling Indonesia bersama kedua orang tua saya dan kedua adik saya. Kami akan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di seluruh penjuru Indonesia. Kami akan berlibur ke pantai dan danau yang ada di Indonesia. Saya sangat menyukai wisara air. Selain itu, kami akan mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada di Indonesia. Dan jika ada rezeki berlebih, saya juga ingin keliling dunia bersama keluarga saya. Misalnya ke Korea, Prancis, Belanda, dan Australia.

Adapun keinginan ketiga saya yaitu saya ingin bertemu dengan Bondan Prakoso. Bondan Prakoso merupakan musisi hebat yang juga menajdi inspirator saya. Saya sangat mengagumi karya-karyanya. Betapa bahagianya saya jika saya dapat bertemu langsung dengan idola saya tersebut.

Itulah tiga keinginan yang saya ingin wujudkan. Betapa senang dan bahagianya, serta bangganya saya jika saya dapat mewujudkan ketiga keinginan tersebut.



Penilaian :
  • Kelancaran : lebih dari 200 kata
  • Kelenturan : kalimat yang ada dalam bentuk sederhana, menggunakan kalimat yang panjang yang terdiri lebih dari 10 kata. Kalimat mengandung fantasi yang menunjukkan daya khayal tentang hal-hal yang tidak terjadi dikehidupan nyata.
  • Orisinalitas : gaya pemikiran karangan menunjukkan keaslian karena langsung dikarang oleh penulis.
  • Kerincian : karangan diceritakan dengan lebih menunjukkan realita sehingga tampak lebih nyata. Adanya emosi dan melibatkan unsur pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar